Orientasi Semantik Al-Zamakhsyari

Kajian Penafsiran Makna Ayat Kalam dan Ayat Ahkam

Authors

  • M. Agus Yusron Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur`an Ar-Rahman

Keywords:

semantik, al-Zamakhsyari, ayat kalam, ayat ahkam

Abstract

Semantik merupakan bagian dari ilmu Bahasa dan banyak digunakan dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an. Salah satunya adalah dilakukan oleh Mahmud Umar al-Zamakhsyari dalam tafsirnya Al-Kasysyâf ‘an Haqâiq al-Tanzîl wa ‘Uyûn al-‘Aqâwil fi Wujûh al-Ta`wîl. Al-Zamakhsyari sendiri adalah seorang mufassir, ahli teologi (tokoh mu’tazilah), ahli Bahasa, dan bermazhab fiqh Hanafi. Sedangkan tafsirnya merupakan salah satu kitab tafsir yang menjadi rujukan para ulama dalam mengkaji Al-Qur’an dari segi Bahasa, terutama pada konsep balaghah Al-Qur’an. Pada penelitian ini, yang menjadi pembahasan adalah bagaimana pendekatan semantik yang dilakukan oleh al-Zamakhsyari pada ayat-ayat kalam dan ayat-ayat ahkam, untuk mengetahui sejauh mana peranan kebahasaan dalam mempertahankan aqidahnya (mu’tazilah) dan memahami hukum-hukum yang terkandung di dalamnya. Ayat-ayat kalam ataupun ayat-ayat ahkam jumlahnya ratusan dalam Al-Qur’an. Sehingga pada penelitian ini, untuk ayat kalam akan dibatasi pada ayat tentang melihat Allah kelak di akhirat, keadilan dan sifat-sifat Allah, antropomorfisme, free will dan predestination. Sedangkan pada ayat ahkam, hanya meneliti tentang pemahaman hakikat sihir dan perihal hukum suami menjauhi istri yang sedang haid. Semuanya akan diambil dari beberapa ayat yang terdapat dalam berbagai surat Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an al-Karîm

al-Alusi, (t.th.). Rûh al-Ma’ani fi Tafsîr al-Qur’an al-‘Azhîm wa as-Sab’ al-Matsâni, Beirut: Dâr

Ihyâ` at-Turâts al-‘Arabi, Jilid I.

Amin, Ahmad, (1972). Dhuhâ al-Islâm. Jilid I, Kairo: Maktabah al-Nahdlah al-Mishriyah,.

Aminuddin. (1988). Semantik; Pengantar Studi Tentang Makna, Bandung: Sinar Baru.

Athiyyah, Ibnu. (2001). Al-Muharrar al-Wajîz fi Tafsir al-Kitâb al-Azîz, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Basri, Hasan, Murif Yahya, dan Tedi Priatna, (2009). Ilmu Kalam: Sejarah dan Pokok Pikiran

Aliran-aliran, Bandung: Azkia Pustaka Utama.

Boswort, C.E. (1993). Dinasi-Dinasti Islam, diterjemahkan oleh Ilyas Hasan dari The Islamic

Dynasties, Bandung: Mizan.

Cristall, David. (1979). Al-Ta’rif bi ‘Ilm al-Lughah, terjemahan Hilmi Khalil, Kairo: al-Hai`ah al-

Mishriyyah al-‘Ammah.

Dahlan, Abdul Aziz, (2012). Teologi, Filsafat, Tasawuf dalam Islam, Jakarta: Ushul Press.

Dhaif, Syauqi. (1965). Al-Balaghah Tathawwur wa Târikh, Kairo: Dâr al-Ma’ârif.

Djajasudarma, T. Fatimah. (1993). Semantik 1: Pengantar ke Arah Ilmu Makna, Bandung:

Erasco.

Fadhla, Abdul Hadi, (t.th). Mukhtashar al-Sharf, Beirut-Libanon: Dâr al-Qalam.

Galayaini, Mushtafa (1994). Jâmi’ ad-Durûs al-Arabiyyah, Beirut: al-Maktabah al-Ashriyyah.

al-Ghazali, Abu Hamid. (2019). Jawâhirul Qur’an; Selami Samudera Al-Qur’an dan Temukan

Mutiaranya, diterjemahkan oleh M. Tatam Wijaya dari judul Jawâhir al-Qur’an, Jakarta:

PT Qaf Media Kreativa.

Haidar, Farid ‘Audh. (1999). ‘Ilm al-Dilâlah Dirâsah Nazhariyyah wa Tathbiqiyyah, Kairo:

Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah.

Hassan, Tammam. (1979). Al-Lughah al-‘Arabiyyah Ma’naha wa Mabnaha, Kairo: al-Hai`ah al-

Mishriyyah al-‘Ammah li al-Kitab.

-------, (1979). Manâhij al-Bahts fi al-Lughah, al-Dâr al-Baidha: Dâr al-Tsaqafah.

al-Hâsyimi, Al-Sayyid Ahmad. (1994). Jawâhir al-Balâghah fi al-Ma’âni wa al-Bayân wa al-

Badî’, Beirut: Dâr al-Fikr.

Hijâzi, Mahmûd Fahmi, (1973). ‘Ilm al-Lughah al-‘Arabiyyah; Madkhal Târîkhy Muqâran fi

Dhaui’ al-Turâts wa al-Lughat al-Sâmiyah, Kuwait: Wakâlah al-Mathbû’ah.

Hitti, Philip K. (2014). History of the Arabs. Diterjemahkan oleh R. Cecep Lukman Yasin dan

Dedi Slamet Riyadi dari judul History of The Arabs; From The Earliest Times to the Present, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

HS, Moh. Matsna. (2006). Orientasi Semantik al-Zamakhsyari; Kajian Makna Ayat-ayat Kalam, C

iputat: Anglo Media.

al-Hûfy, Ahmad Muhammad. (1966). Al-Zamakhsyari, Kairo: Dâr al-Fikri al-‘Araby.

Hulwani, Firdaus. (2007). Telaah Atas Sanad Hadits Dalam Kitab Tafsir Al-Kasysyâf; Studi

Tentang Kualitas Hadits Pada Ayat-Ayat Tahlil, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ibnu Jinni, Abu al-Fath ‘Utsman. (1957). Al-Khashâish, Kairo: Dâr al-Kitab al-A’rabiy.

Ibnu Khallikân, Abu al-‘Abbâs Syams al-Dîn bin Muhammad bin Abu Bakr. (1977). Wafiyyatu al-

A’yân wa Anba` Abnâ` al-Zamân, Beirut: Dâr al-Shadr.

al-Iskandari, Ahmad dan Mushthafa ‘Anani. (t.th.). Al-Wasith fi al-Adab al-‘Arabiy wa Tarikhihi,

Kairo: Dâr al-Ma’ârif,t.t.

Itr, Nûruddin (1993). ‘Ulûm al-Qur’an al-Karîm, Damaskus: Mathba’ah al-Dhobl.

al-Jashshâsh, Abu Bakar Ahmad. (1992). Ahkâm al-Qur’an, Beirut: Dâr Ihyâ` at-Turâts al-‘Arabi.

al-Juday’, Abdullah bin Yusuf. (2007). Al-Minhâj al-Mukhtashar fi ‘Ilmay al-Nahwy wa al-Sharf, Beirut-Libanon: Mu`assasah al-Rayyân.

al-Juwaini, Mushtafa al-Shawi. (t.th.). Manhâj al-Zamakhsyari fi Tafsir al-Qur’an al-Karîm wa

Bayân I’jâzih, Mesir: Dâr al-Ma’ârif.

Mahmud, Munî ‘Abd. Halim (1978). Manâhij al-Mufassirîn, Mesir: Dâr al-Kutub.

Manzhur, Ibnu. (2013). Lisan al-Arab, Kairo: Dâr al-Hadîts, Jilid 4.

Nasution, Harun (1985). Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI Press, Jilid I.

-------. (1986). Teologi Islam: Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan. Jakarta : UI Press.

Ni’mah, Fuad. (t.th.). Mulakhkhash Qawa’id al-Lughah al-Arabiyyah, Surabaya: Toko

Kitab al-Hidâyah.

al-Qaththân, Mannâ’ Khalîl. (2016). Dasar-Dasar Ilmu Al-Qur’an, diterjemahkan oleh Umar

Mujtahid dari judul Mabâhits fî ‘Ulûm al-Qur’an, Jakarta: Ummul Qura.

al-Shabuni, Muhammad Ali. (1980). Rawâi’ al-Bayân Tafsîr Âyât al-Ahkâm min al-Qur’an,

Damaskus: Maktabah al-Ghazali.

Shihab, M. Quraish, (2014). Membumikan al-Qur’an; Fungsi dan Pesan Wahyu Dalam

Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

-------, (2002). Tafsir Al-Mishbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Jilid I, Jakarta:

Lentera Hati.

Sudrajat, Yayat. (2004). Struktur Makna; Prinsip-prinsip Studi Semantik, Bandung: Raksa Cipta.

Syahrastaniy. (2003). Al-Milal wa al-Nihal; Aliran-aliran Teologi Dalam Sejarah Umat Manusia,

diterjemahkan oleh Asywadie Syukur dari judul Al-Milal wa al-Nihal, Surabaya: PT. Bina

Ilmu.

Syalabi, Ahmad. (1974). Mausû’ah al-Târikh al-Islamiy wa al-Hadharah al-Islamiyyah, Kairo:

Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah, jilid IV.

al-Tawwab, Ramadhan ‘Abd. (1979). Fushûl fi Fiqh al-‘Arabiyyah, Kairo: Maktabah al-Khanji.

Umar, Ahmad Mukhtar. (1998). ‘Ilm al-Dilâlah, Kairo: ‘Alam al-Kutub,.

Wafi, Ali ‘Abd al-Wahid. (1962). Fiqh al-Lughah, Kairo: Lajnah al-Bayân al-‘Araby.

Wardani, (2017). Metodologi Tafsir Al-Qur’an di Indonesia; Trend Perkembangan Pemikiran

Kontemporer, Banjarmasin: IAIN Antarsari.

Watt, W. Montgomeri. (1990). Kejayaan Islam, diterjemahkan oleh Hartono Hadikusumo dari

The Majesty That was Islam, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Yusron, A. (2020). Ayat-Ayat Mutasyâbihât Perspektif Ibnu ‘Athiyyah. TAFAKKUR: Jurnal Ilmu

Al-Qur’an dan Tafsir, 1 (1).

al-Zamakhsyari, Mahmûd bin ‘Umar. (1999). Al-Anmûdzaju fi al-Nahwi, t.tp.t.p.,cet I.

-------, (1989). Asâs al-Balâghah, Kairo: Dâr al-Fikr.

-------, (t.th.). Al-Mufashshal fi Ilm al-Lughah, Beirut: Dâr Ihya` al-‘Ulum.

-------, (2013). Al-Kasysyâf ‘an Haqâiq al-Tanzîl wa ‘

Uyûn al-‘Aqâwil fi Wujûh al-Ta`wîl, Kairo: Dâr al-Hadîts.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Yusron, M. A. . (2021). Orientasi Semantik Al-Zamakhsyari: Kajian Penafsiran Makna Ayat Kalam dan Ayat Ahkam. TAFAKKUR : Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 125-147. Retrieved from http://e-jurnal.stiqarrahman.ac.id/index.php/tafakkur/article/view/31