Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN NASKAH

JURNAL DIRAYAH

 A. Persyaratan Umum

Penulis yang akan menyerahkan naskah ke redaksi jurnal DIRAYAH harus memperhatikan persyaratan umum di bawah ini:

  1. Naskah yang ditulis harus berkaitan dengan bidang Ilmu Hadis.
  2. Naskah merupakan artikel asli (belum pernah dipublikasikan di tempat lain) yang bersumber dari hasil kajian atau penelitian.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia, Inggris atau Arab.
  4. Naskah disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris (bilingual).
  5. Naskah disertai keywords dalam bahasa Inggris.
  6. Penulisan catatan (notes) menggunakan footnote
  7. Pengiriman naskah disertai biodata penulis, seperti nama lengkap, bidang kepakaran, alamat instansi (afiliasi), dan alamat surat elektronik (email).
  8. Tulisan dikirim melalui online submission di : http://e-jurnal.stiqarrahman.ac.id/index.php/dirayah/about/submissions
  9. Naskah yang masuk ke redaksi akan melalui proses double blind-review oleh mitra bestari dan keputusan ”diterima” ditentukan oleh Editor. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi.

B. Format dan Sistematika

1. Naskah dikirim ke redaksi dengan format sebagai berikut:

  • Ukuran kertas A4 dengan margin atas 2,5 cm, bawah 2,5 cm, kanan 2,5 cm, dan kiri 2,5 cm dengan kerapatan baris 1,15.
  • Tebal naskah minimal 12 halaman dan maksimal 25 halaman.
  • Setiap sub judul ditulis dengan Times New Roman ukuran 12 dan dicetak tebal (bold)
  • Jenis huruf Latin untuk penulisan teks adalah Times New Roman ukuran 11 dan ukuran 10 untuk catatan kaki.
  • Jenis huruf Arab untuk penulisan teks adalah Arabic Transparent atau Traditional Arabic ukuran 16 untuk teks dan ukuran 12 untuk catatan kaki.
  • Penulisan naskah disusun dengan jarak spasi 1,15, format satu kolom, kecuali abstrak/abstract, daftar pustaka, judul tabel/isi tabel, judul gambar/diagram/grafik/bagan/sketsa disusun 1 spasi.
  • Penulisan judul naskah dan judul bahasan ditulis dengan huruf besar (all capital) dan tebal (bold), sedangkan penulisan subjudul ditulis dengan huruf besar pada huruf pertama setiap kata, kecuali kata sambung (dan, secara, atau, dengan, serta, tentang, yang, terhadap, sehingga, karena, maka), dan kata depan (di, ke, dari, pada, kepada, dalam, oleh, sampai, untuk, demi).

 

2. Naskah ditulis dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

  • JUDUL (Times New Roman 14). Judul harus spesifik, jelas, ringkas dan informatif, dengan jumlah maksimal 12 kata termasuk kata penghubung. Dimungkinkan ada judul utama yang diikuti dengan subjudul.
  • NAMA PENULIS (Times New Roman 12). Penulis harus menggunakan nama asli (bukan nama samaran) dan tidak mencantumkan gelar kesarjanaan. Nama lengkap yang diikuti dengan gelar serta keterangan penulis dapat ditampilkan dalam footnote. Penulis pertama sebagai korespondensi dan harus diberi tanda asterik (*). Jika penulis lebih dari satu, harus dipisahkan dengan tanda koma (,).
  • Afiliasi Penulis (Times New Roman 11). Afiliasi merupakan alamat instansi/lembaga tempat penulis bekerja/berkarya/studi. Afiliasi ini berkaitan erat dengan kompetensi, tanggung jawab, dan konsekuensi yuridis yang diemban oleh lembaga asal penulis.
  • Korespondensi (Times New Roman 11). Korespondensi berisi alamat surat elektronik (email) penulis pertama.
  • ABSTRACT dan ABSTRAK (Times New Roman 12). Isi abstract atau abstrak (Times New Roman 11). Tempatkan abstrak bahasa Inggris terlebih dahulu untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia, kemudian diikuti dengan abstrak berbahasa Indonesia dan sebaliknya. Abstrak terdiri atas pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan/atau hasil kajian/penelitian. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Isi abstrak paling banyak memuat 200 kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  • Keywords/ kata kunci. Keywords (Times New Roman 11) dan isi keyword (Times New Roman 11). Keywords atau kata kunci harus dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan kaidah/standar thesaurus. Jumlah keywords minimal tiga keywords dan maskimal tujuh
  • PENDAHULUAN (Times New Roman 12). Isi pendahuluan ditulis dengan font Times New Roman 11,
  • TINJAUAN PUSTAKA (Times New Roman 12). Isi tinjauan pustaka ditulis dengan font Times New Roman 11. Tinjauan pustaka merupakan uraian teori yang dipakai sebagai pendukung dalam bahasan hasil kajian/penelitian. Seluruh referensi yang digunakan dalam tinjauan pustaka dan isi naskah (dijadikan sebagai sumber kutipan), harus ada dalam daftar rujukan (references).
  • METODE (Times New Roman 12). Isi metode ditulis dengan font Times New Roman 11. Metode merupakan rangkaian kerja dalam pelaksanaan penelitian, mulai dari cara pelaksanaan pengambilan data hingga analisis data.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman 12). Isi hasil dan pembahasan ditulis dengan font Times New Roman11. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya. Sederhanakan tabel dan gunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Contoh penulisan tabel: Tabel 3.
  • KESIMPULAN (Times New Roman 12). Isi kesimpulan ditulis dengan font Times New Roman 11. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari hasil pembahasan penelitian yang telah dilakukan.
  • SARAN (optional) (Times New Roman 12). Isi saran ditulis dengan font Times New Roman 11. Saran sebaiknya ditulis dalam satu paragraf.
  • UCAPAN TERIMA KASIH (optional) (Times New Roman 12). Isi ucapan terima kasih dengan font Times New Roman 11. Ucapan terima kasih sebaiknya ditulis dalam satu paragraf.
  • DAFTAR PUSTAKA (Times New Roman 12). Isi daftar pustaka ditulis dengan font Times New Roman 11 dan ditulis 1,5 spasi. Daftar Pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA). Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka naskah minimal 12 judul literatur ilmiah (80% referensi primer, dan 20% referensi sekunder). Sumber referensi primer, seperti: jurnal, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, dan makalah prosiding. Sumber referensi sekunder, seperti: buku dan sumber internet. Penulisan kutipan disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, dan lain-lain.

 C. Mekanisme Pengutipan

Teknik Pengutipan sumber rujukan menggunakan catatan kaki/ footnote, dengan contoh     sebagai berikut:

1Nasaruddin Umar. (2001). Argumen Kesetaraan Jender  Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Paramadina. hlm. 138.

Adapun Format penulisan daftar pustaka atau bibliografi yang digunakan dalam Dirayah : Jurnal Ilmu Hadis berdasarkan APA Style Guide sebagaimana contoh berikut ini:

Buku

Muhammad, A.(2004). Dari Teologi ke Ideologi: Telaah atas Metode dan Pemikiran Teologi Sayyid Qutb, Bandung: Penerbit Pena Merah.

Artikel jurnal

Azzuhri, M. (2009).” Khadijah Binti Khuwailid Sosok Perempuan Karir”. Jurnal Muwazah, 1, 2.

Solahudin, D. (2007). “ad-Da’wah al-Islāmiyyah fī al-Manzūr al-Insāni” dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 3(9) 67-80

Disertasi atau Tesis

Clancey, W.J. (1979). Transfer of Rule-Based Expertise through a Tutorial Dialogue. PhD Dissertation, Department of Computer Science, Stanford University.

Sumber Elektronik

Qomar, ZA, (2006).  Sejarah Suram Ikhwanul Muslimin, diakses 30 Januari 2014, dari http://www.akhirzaman.info/Islam/Ikhwanul Muslimin/1542

 

 

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.